Senin, 21 Juli 2008

Mengapa Iman Katolik

Pelajaranagama adalah "saat istirahat" di dalam kelas. Di mana siswa bisa santaisejenak dan bermain sejenak. Jarang sekali ada pelajaran yang "serius" dalam pelajaran agama. Materi pelajaran Agama kelas XII hanya mengambil satu topik, yaitu pokok-pokok iman Katolik. Ada dua alasan mendasar mengapa topik ini yang dipilih. Pertama bagi siswa/wi Katolik dan yang kedua bagi siswa/wi non katolik.

Bagi siswa-siswi Katolik, materi agama ini diharapkan mampu menambah pengetahuannya dan memperdalamnya, agar mereka bisa mempertanggungjawabkan iman kepercayaannya. Saya yakin bahwa materi yang disajikan bukanlah hal yang baru. Ada bahaya bahwa karena materi ini bukan sesuatu yang baru maka ogah-ogahan mempelajarinya. Sebab kenyataannya, hanya sedikit saja siswa/wikatolik yang sungguh memahami ajaran agamanya.
Bagi siswa/wi non katolik, materi pelajaran agama ini penting dipahami untuk menambah khasanah pemahaman mereka akan kekatolikan. Tujuannya satu, dengan memahami ajaran agama katolik denganbaik, mereka akan dihindarkan dari sikap curiga dan apriori negatif. Sasarannya, akan tumbuh toleransi dan saling memahami dalam hidup beragama.
Materi ajar agama ini tidak bertujuan mengkatolikkan orang yang tidak katolik. Materi ajar ini adalah salah satu sumber untuk memahami beberapa pokok kecil (benar-benar kecil) dariiman katolik yang begitu besar dan luas.

4 komentar:

Winda Carmelita mengatakan...

romoo :]
ini ternyata yang tadi dibacain di kelas tho,hehehhe

MoRis HK mengatakan...

Betul.

Andra mengatakan...

Romo,materinya yg mana??
Kok banyak soro...

MoRis HK mengatakan...

Materinya lihat label yang materi.